Ads 468x60px

Monday, December 31, 2012

Muhasabah dan Do'a 2013

Tinggal beberapa menit saja tahun 2012 berlalu, memasuki tahun baru 2013 bunyi dentuman petasan bak meriam mebahana di ruang telinga dari berbagai penjuru desa padahal masih jam sepuluhan. Di samping petasan juga tidak boleh dilupakan untuk melakukan refleksi flashback atau muhasabah dan doa dengan apa saja yang sudah dilakukan, terkait keberhasilan, kemampuan, potensi diri & hasil yang telah didapat selama tahun 2012, pada saat yang bersamaan juga membuat agenda, target, harapan serta rencana di tahun mendatang

Melakukan muhasabah atas amal perbuatan lampau sebagai cambuk hari esok adalah prinsip cerdas dalam mengambil pelajaran dalam kehidupan, antara sekolah dan roda kehidupan memang beda. Kalau sekolah memperoleh pelajaran baru kemudian diujkan, berbeda dengan kehidupan diuji terlebih dahulu kemudian diambil pelajaran. Sebelum Allah menghisab diri kita masing-masing maka hisablah terlebih dahulu, sebagaimana dinukil dari Umar bin Khottob, " Evaluasilah (Hisablah) dirimu sebelum kalian dihisab dihadapan Allah kelak"

Apapun yang telah dilakukan masa lampau adalah cermin kaca untuk berhias memperbaiki kehidupan akan datang, perbuatan baik masa lalu hendaknya di-copy kemudian di-paste di masa datang, perbuatan buruk masa lalu di-delete hingga bersih tak bersisa dengan sabun taubat nasuha, memperbanyak lembaran file baru yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Hasil Muhasabah (evaluasi diri) melahirkan mu'ahadah (mengukuhkan janji) meniatkan diri untuk membuat komitmen dengan program amal kebajikan baru yang lebih berkualitas, sebagaimana janji setiap pribadi diwaktu sholat: "seungguhnya sholatku, Ibadahku, hidup dan matiku hanya semata mata karena Allah". bukan karena keluarga, orang tua apalagi karena pejabat atasan kita. sumpah serapah ini harus diejah wentahkan dengan mengeluarkan segenap kemampuan mujahadah (bersungguh-sungguh) sebagaimana firman Allah: "Orang-orang yang sungguh (mujahadah) dijalan Kami, Kami akan berikan hidayah kejalan kami."

Dari muhasabah, mu'ahadah dan mujahadah akan melahirkan sifat muroqobah, yaitu senantiasa merasa diawasi oleh Allah. senantiasa bertaqwa dimanapun berada sebagaimana hadits ittaqillaha haitsu ma kunta. buah dari semua prilaku akan emnghasilkan puncak kebaikan (ihsan), secara definisi, Ihsan adalah engkau senantiasa beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, kalau pun engkau belum bisa melihat-Nya, ketahuilah sesungguhnya Allah melihat kepadamu”. Muroqobah selalu tertanam rapi di lahan subur taqwanya para sahabat dan para ulama' terdahulu.

Semoga Kita semua termasuk orang yang pandai muhasabah, kerena orang paling ringan hisabnya di hadapan Allah adalah mereka yang di dunianya memberatkan dan meneliti dalam meng-hisab dirinya sendiri.

Akhirnya mari kita sambut Tahun Baru 2013 ini dengan membaca do'a

DOA AKHIR TAHUN
Ya Allah.....
Segala yang telah kami lakukan jika berupa amal baik terimalah,
namun jika berupa keburukan ampunilah, termasuk orang tua, kerabat dan keluarga kami.
Ampuni dosa dan terima doa yang telah dan akan kami panjatkan berat perhitungannya

Ya Allah...
Tambahkan ilmu dan beri kemampuan tuk mengamalkannya,
Namun, jika ada yang sia-sia ampunkan dan sempurnakan segala kekurangannya
Jagalah kami dan keluarga kami dari perkataan yang memberatkan hisab kam di hari nanti
Luruskan dan beri kekuatan lidah ini untuk amar ma'ruf nahi munkar

Ya Allah....
Tambahkan keberkahan rizki dan usaha kami baik masa silam, sekarang atau akan datang
Mudahkan kami memperoleh anugerahmu dari jalan terbaik dan paling ringan
Lindungi dari malapetakan dan kejahatan orang-orang yang dholim
Berilah kemampuan mengemban tugas sucimu, dalam pekerjaan, keilmuan dan ikhlas dalam berdakwah
Berikan pinjaman kekuatanmu menghancurkan kebathilan dengan cara bijak-mu

Ya Allah... kabulkan do'a yang sudah dan akan kami panjatkan sepanjang tahun, amiiin

0 Komentar:

Post a Comment

Terimakash Atas kunjungan dan komentarnya ( salam persahabatan )

 

Sosial Media

About Me

My Photo
Menapaki setiap jengkal langkah hidup ini dengan belajar tiada henti, menuju suatu titik nan suci