Home » , , » Kiamat telah tiba

Kiamat telah tiba

Sesungguhnya hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal
(QS. Luqman: 34)
Dalam ayat di atas, empat kejadian yang tidak akan diketahui oleh siapapun kecuali Allah, salah satunya ialah peristiwa kiamat. Hari kiamat merupakan peristiwa besar yang menakutkan di mana isi dunia hancur lebur, lagit terbelah, air laut tumpah, gunung berhamburan bagai kapas ditiup, manusia panik sampai digambarkan anak dalam susuan ibunya terlupakan. Kurang lebih seperti itulah dahsyatnya kiamat.

Sekarang ini tanggal 21-12-2012 disebut-sebut dalam ramalan suku maya akan terjadi kiamat, paling tidak taga tahun belakangan ini terus mencuat. Rupanya, tidak sedikit orang-orang yang gagal memahami kiamat yang dimaksud oleh suku maya yang mendiami Amerika Tengah itu, Kiamat yang dimaksud tidaklah kiamat sebagaimana kita pahami berdasarkan Al Quran dan Hadits, tetapi hanya sebatas pergantian perhitungan kalender mereka saja.

Perhitungan kalender suku maya menandai akhir dari lingkaran tahun 5.126, bila dihitung akan terjadi tepat pada hari ini, Jumat 21 Desember 2012. Hari dimana menuru tkepercayaan mereka dewa perang dan penciptaan, Bolon Yokte akan kembali dan menandai berakhirnya Baktun ke-13 yang merupakan baktun terakhir, yaitu periodisasi waktu 394 tahun yang diciptakan suku Maya. Kemunculan Bolon Yokte akan menandai kehancuran dunia atau perubahan dunia.

Tahun baru kalender maya ini dirayakan oleh suku maya kuno, namun menurut Marcello Canuto seorang direktur peneliti di amerika serikat, bangsa maya tidak membuat ramalan apapun pada tanggal tersebut. Mungkin benar apa yang dikatakan penafsiran John Hoopes (sejarawan suku maya di universitas kansas) mengatakan bahwa, banyak yang percaya tanggal ini sebagai masa tansformasi spiritual.
Karena itu berita kiamat hanya berita bohong entah siapa peme-lintir berita ini, David Morrison, ilmuwan senior di NASA Ames Research Center di California menganggap brita itu sangat jahat dan menakuti orang orang saja, samapai ada dua pasang orang tua yang membunuh anak mereka kemudian bunuh diri sebelum datangnya hari yang diramalkan itu.

Orang-orang Maya memang sangat tertarik meramal kejadian-kejadian mendatang. Budaya klasik mereka adalah menulis, astronomi, dan kuil pemujaan. "Suku Maya benar-benar percaya bakal banyak kejadian jauh di masa depan dihitung dari sekarang," ujar Geoffrey Braswell, ahli antropologi dari Universitas California, San Diego, Amerika Serikat. "Suku Maya telah membuat ramalan-ramalan, namun bukan soal fatalistik (kiamat), lebih pada kejadian-kejadian yang dalam konsep siklus sejarah mereka bakal terulang di masa depan," kata Alfredo Barrera, ahli purbakala Meksiko dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Minggu (30/9). Erik Velasquez yang mengatakan bahwa tidak ada ramalan khusus bagi tahun 2012 yang ditinggalkan oleh suku Maya.

Pimpinan suku Maya saat ini, Apolinario Chile Pixtun dan arkelolog Meksiko, Guillermo Bernal, keduanya mencatat bahwa "kiamat" adalah konsep Barat yang tidak memiliki kesamaan dengan kepercayaan Maya.

Thomas Jamaluddin seorang peneliti LAPAN mengatakan bahwa ramalan itu tidak perlu dikhawatirkan masyarakat gagal memahami kiamat yang dimaksud suku maya. Kiamat yang terjadi tanggal 21-12-2012 itu hanyalah pergantian tahun, keesokan hahrinya akan memulai 1 lagi selama 144 ribu hari lagi.

Dari beberapa uraian diatas kita dapat simpulkan bahwa, pada hari ini kiamat telah tiba, namun kiamat yang dimaksud bukanlah kehancuran bumi seperti yang kita yakini, tapi hanya sebatas tahun baru saja, aaah gitu aja kok repot.
Thanks for reading Kiamat telah tiba

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 Komentar: