Home » , , » Mengajar belum pasti mendidik

Mengajar belum pasti mendidik



Tugas besar seorang guru mendidik, bukan sekedar hadir di kelas untuk mengajar kemudian bebas. Mendidik lebih menitikberatkan pada transnformasi ideologi dan teladan karakter untuk murid-muridnya, mengajar itu sebatas transformasi pengetahuan saja..

Ungkapan itulah yang pernah saya tuliskan dalam rubrik guru di mata guru, hal ini penting untuk dipahami agar semua pendidik mempunyai arah panduan yang jelas dan tujuan yang tepat serta mampu merubah ideologi murid-muridnya. Padanan kata pendidikan adalah tarbiyyah sedangkan padanan kata mengajar adalah ta’lim.

Mendidik juga merawat tahap demi tahap sehingga sang murid bisa berubah dari kebiasaan buruk ke arah yang lebih baik dan inheren di dalam dirinya. Bisa jadi karena demi pendidikan sang murid dipukul (tidak menyakiti) dengan harapan ada kesadaran di masa mendatang. Hal ini tentu berbeda dengan mengajar. Mengajar adalah transformasi pengetahuan secara detail sehingga murid tidak salah paham.

Kalau dikatakan korupsi itu haram dengan berbagai dalih dan argumen maka hal itu sebatas mengajar, tetapi jika dilatih untuk tidak korupsi karena keharamannya maka hal itu dinamakan mendidik. Pendek kata, ending pendidikan adalah membuat orang mengerti sedangkan pengajaran mencetak orang pintar dan berwawasan.

Thanks for reading Mengajar belum pasti mendidik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 Komentar:

Post a Comment

Terimakash Atas kunjungan dan komentarnya ( salam persahabatan )